cool hit counter

PDM Kabupaten Kediri - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Kediri
.: Home > MI. Muhammadiyah 1 Pare

Homepage

MI. Muhammadiyah 1 Pare


KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, penyusunan Profile Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Pare Kabupaten Kediri dapat terselesaikan dengan baik.

Format Data ini mulai dilaksanakan pada tahun pelajaran 2010/2011. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh Stakeholder sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk menyusun format data ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Besar harapan kami format data  ini dapat digunakan oleh guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Pare dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan digunakan oleh stakeholder lainnya dalam pembinaan penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan satu tahun ke depan.

 

 

Pare, 27 Juni 2010

                                                                                 Kepala Madrasah

                                                                                 MI Muhammadiyah 1 pare

 

 

 

 

 

                                                                                                Drs. M. EFFENDI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN......................................................................................................... i

KATA PENGANTAR................................................................................................. ii

DAFTAR ISI.............................................................................................................. iii

BAB I. PENDAHULUAN

A. Sambutan Kepala Madrasah.........................................................................................................5

BAB II. VISI, MISI DAN TUJUAN PENDIDIKAN

A. Visi.............................................................................................................................................................6

B. Misi .....................................................................................................................................................6

C. Tujuan Sekolah ..................................................................................................................................6

BAB III

PROFILE MADRASAH

A. Ketenagaan ……..…….………………………………………………………………10

B. Siswa …………….…………………………………………………………………….11

C. Status Akreditasi dan Prestasi Madrasah………………………………………….11

D. Sarana Prasarana…………..………………………………………………………..12

BAB V. PENUTUP …...………………………………………………………………….14

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.   Sambutan Kepala Madrasah

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

      Alhamdulillahirobbil alamin, kami panjatkan puji syukur ke hadirat iIlahi Robbi dengan karunia-Nya, kami segenap civitas akademis MIM 1 Pare dapat menyusun “Profile MIM 1 Pare.”

Selamat datang di MI Muhammadiyah 1 Pare sebuah institusi pendidikan yang mempersiapkan anak secara akademik, spiritual, sosial dan personal untuk menghadapi era globalisasi saat ini. Sistem pendidikan di MIM 1 Pare tidak saja mentransfer pengetahuan secara teori dan konseptual tetapi juga pembelajaran berbasis kontekstual dengan adanya praktek tema, sebuah pembelajaran outdoor. MIM 1 Pare institusi pendidikan yang unik dan inovatif. Marasah ini menyediakan kelas alam dan didukung dengan fasilitas internet, lab komputer, musik, bahasa dan sains dengan lahan praktik.

      Pendidikan di madrasah tidak lepas dari anak, mereka bukan saja aset masa depan untuk bapak dan ibunya tetapi juga sebagai aset masa depan sebuah bangsa. Oleh karena itu untuk menyiapkan generasi masa depan berkualitas yang siap menghadapi tantangan zamannya dibutuhkan sebuah wadah lembaga pendidikan.

“ Didiklah anakmu sesuai zamannya”

Al Hadist

      Didasari oleh hadist tersebut di atas, maka didirikanlah lembaga pendidikan Muhammadiyah 1 Pare dengan sistem Full Day School pada tahun 2000, di bawah naungan DIKDASMEN Muhammadiyah cabang Pare. Harapan kami semoga format data ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amiin ya Robbal Alamiin.

      Kami menyadari tiada gading yang tak retak, begitupun pula dengan pengelolaan lembaga madrasah kita ini, maka dari itu kritik dan saran tetap kami terima dengan senang hati.

      Kami mohon maaf atas kekurangan serta kesalahan kami dan pada akhirnya kami ucapkan “selamat bergabung di MIM 1 Pare kita tercinta ini”

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

 

 

 

BAB II

VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

A. VISI

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi sekolah berikut:

 

VISI MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri

 


”Unggul dalam imtaq dan iptek, Maju dalam prestasi, Peduli dan Berbudaya lingkungan hidup menuju generasi global berakhlakul karimah”.

 
 
 

Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.

B. MISI

Untuk mewujudkan visi, sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut:

MISI MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri

1.    Menyelenggarakan pendidikan yang berasaskan keyakinan, keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

2.    Membentuk peserta didik yang berwawasan dan berkualitas di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

3.    Membentuk peserta didik yang berprestasi dan mampu bersaing di berbagai bidang sesuai dengan kemajuan jaman.

4.    Membentuk peserta didik yang mandiri dan berakhlakul karimah.

5.    Meningkatkan kualitas lingkungan hidup sehat dan bersih.

6.    Mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

7.    Membentuk peserta didik berdaya saing global

 

C. Tujuan Sekolah

Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP sebagai berikut ini:

1.    Terbentuknya sikap mental dan akhlak peserta didik yang Islami dalam kehidupan bermasyarakat.

2.    Terciptanya peserta didik yang mampu mengaplikasikan nilai-nilai akademik dan teknologi secara integral

3.    Terwujudnya peserta didik yang berprestasi dan memiliki kompetensi di bidang seni, bahasa, dan MIPA.

4.    Terbentuknya peserta didik yang berakhlakul mulia dan mandiri.

5.    Pada tahun 2010 terjadi peningkatan kuantitas dan kualitas sikap dan praktik kegiatan serta amaliah keagamaan Islam warga madrasah dari sebelumnya.

6.    Pada tahun 2010 terjadi peningkatan kepedulian dan kesadaran warga madrasah terhadap keamanan, kebersihan, dan keindahan lingkungan madrasah daripada sebelumnya.

7.    Pada tahun 2010 terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non akademik.

8.    Pada tahun 2011 terjadi peningkatan skor UAN minimal rata-rata + 2 dari standar yang ada.

9.    Pada tahun 2011 para siswa yang memiliki minat, bakat, dan kemampuan di bidang non akademik dapat mengikuti lomba dan menjuarai di tingkat propinsi/ nasional.

10. Pada tahun 2011 para siswa yang memiliki bakat, minat, dan kemampuan terhadap Bahasa Arab dan Inggris semakin meningkat dari sebelumnya, dan mampu menjadi MC dan berpidato dengan dua bahasa tersebut.

11. Pada tahun 2011 mampu mempertahankan nilai akreditasi A.

12. Pada tahun 2011 mampu membina hubungan internasional dengan sekolah-sekolah internasional sebagai sister school.

13. Terbentuk peserta didik yang mampu meningkatkan kualitas lingkungan hidup sehat dan bersih.

14. Terbentuk sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dalam upaya berpartisipasi mengurangi pemanasan global.

 

Secara berkelanjutan, tujuan madrasah tersebut akan dimonitor, dievaluasi, dan dikendalikan dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai hasil yang optimal.

Sasaran Program Sekolah

SASARAN PROGRAM 1 TAHUN

( 2010 / 2011 )

(Program Jangka Pendek)

SASARAN PROGRAM 4 TAHUN

( 2010 / 2013 )

(Program Jangka Menengah)

SASARAN PROGRAM 8 TAHUN

( 2010 / 2017 )

(Program Jangka Panjang)

 

1.        Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 95%.

 

1.     Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 97%.

 

1.     Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 98 %.

2.     Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir Sekolah Bertaraf Nasional (NUASBN) 5,0.

2. Target pencapaian rata-rata NUASBN lulusan 6,0.

2. Target pencapaian rata-rata NUASBN lulusan 7,0.

3.     60 % lulusan dapat diterima di sekolah negeri, baik melalui jalur prestasi maupun seleksi.

3. 75 % lulusan dapat diterima di di sekolah negeri, baik melalui jalur prestasi maupun seleksi.

3. 90 % lulusan dapat diterima di di sekolah negeri, baik melalui jalur prestasi maupun seleksi.

4.     80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

4. 90% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

4. 100% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

5.     Memiliki ekstra kurikuler unggulan (Tapak suci, drumband, sepak bola, renang, dsb.)

5. Extra kurikuler unggulan dapat menjuarai tingkat provinsi

5. Ekstrakurikuler unggulan dapat meraih prestasi tinggkat nasional

6.     25 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris

6. 40 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris

6. 60 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.

7.     70 % peserta didik dapat mengoperasikan program Ms Word dan Ms Excel

7. 75 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer (Microsoft Word , Excel, Power point dan Internet).

7. 100 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer (Microsoft Word, Excel, Power point dan Internet).

 

Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:

1.    Mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan;

2.    Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu;

3.    Mengadakan Shalat Dhuha dan hafalan menjelang pelajaran dimulai, kegiatan Tadabur Alam, peringatan hari besar Islam, dan membentuk kelompok-kelompok akhlakul kharimah peserta didik;

4.    Menjalin komunikasi yang baik dengan PPAI, Depag Kabupaten Kediri, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga;

5.    Kerjasama dengan Pengelola Stasiun Kereta Api Kediri-Tulungagung, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, PT.BISI Internasional, PT.Kuark International, terutama pada bidang praktek tema peserta didik;

6.    Perbaikan laboratorium bahasa;

7.    Pengadaan ruang multimedia

8.    Membentuk kelompok gemar Bahasa Inggris (English Corner);

9.    Kerjasama pendidikan (sister school)

10. Pengadaan buku penunjang;

11. Pengadaan jaringan computer berinternet (Hotspot);

12. mengintesifkan kelompok belajar di Asrama;

13. Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua;

14. Pelaporan kepada orang tua wali murid secara berkala;

15. Meningkatkan pelayanan pendidikan kepada orang tua wali murid, peserta didik, dan ummat;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PROFILE MADRASAH

 

A.  KETENAGAAN

A .

PENDIDIK / GURU

                 
                       

NO

TH. AJARAN

L

P

JML

PENDIDIKAN

KET

 
 

SMA

D.II

D.III

S.I

S.II

 
 

I

2008-2009

15

16

31

1

1

1

28

-

 

 

II

2009-2010

10

19

29

1

-

-

28

-

 

 

III

2010-2011

15

20

35

-

-

1

33

1

 

 

JUMLAH

40

55

95

2

1

2

89

1

 

 
                       
                       

B .

KEPENDIDIKAN / TATA USAHA

             
                       

NO

TH. AJARAN

L

P

JML

PENDIDIKAN

KET

 
 

SMA

D.II

D.III

S.I

S.II

 
 

I

2008-2009

2

3

5

2

-

2

1

-

 

 

II

2009-2010

2

2

4

1

1

2

-

-

 

 

III

2010-2011

3

2

5

2

1

2

-

-

 

 

JUMLAH

7

7

14

5

2

6

1

 

 

 
 

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website